-->
BLANTERWISDOM101

contoh program single linked list pada java

Sunday, December 24, 2017

Assalamualaikum wr wb

Pada postingan kedua ini admin akan membagikan contoh program single linked list pada java. pada postingan ini, kita akan membuat sebuah program dari permasalahan yang diberikan dengan menggunakan bahasa java. Oke kita langsung saja..

PERMASALAHAN
1. Membuat program array dinamis dua dimensi.

2. Membuat program single linked list dari narasi cerita berikut.
Sebuah supermarket yang ramai, terdapat 6 orang pengunjung yang sedang mengantri untuk membayar dikasir, dengan nomor kode : 222, 231, 234, 275, 276, 280. Setelah orang pertama selesai membayar dan meninggalkan supermarket, kemudian orang yang berada di posisi pertama pada antrian terbaru meninggalkan antrian untuk pergi ke toilet, sehingga posisinya diambil oleh orang yang dibelakangnya. Tiga menit kemudian, orang yang terdepan dalam antrian terbaru selesai melakukan pembayaran, kemudian antrian tersebut bertambah 2 orang dengan kode 282 dan 283 dan orang yang pergi ke toilet kembali. Melihat posisinya diambil oleh orang lain, orang tersebut marah-marah kepada orang yang mengambil posisinya sehingga orang yang mengambil posisinya memberikan posisinya pada orang yang marah, lalu ia mundur ke posisi paling belakang. Manajer supermarket memberi penghargaan kepada orang ke 1.000.000 dari supermarket tersebut. Jika orang terdepan pada antrian 999.995, berapa nomor kode pelanggan ke-1.000.000 tersebut. Namun, sebelum manajer menemui pelanggan ke-1.000.000 terjadi kebakaran sehingga orang yang mengantri kabur dengan urutan kabur : orang terakhir, orang terakhir kedua, yang secara bersamaan tersisa dari antrian.

Oke sebelum kita memulai membuat programnya jangan lupa untuk menyediakan aplikasi java yang kalian miliki. Disini saya menggunakan command prompt + jdk + notepad atau teman-teman juga bisa menggunakan aplikasi lain seperti netbens dll . Jadi bagi teman-teman yang ingin menginstalnya bisa langsung saja lihat tutorialnya digoogle.
Selain aplikasi, kita juga harus membuat algoritma dari program tersebut agar program tersebut dapat dipahami oleh orang awam dan lebih memperjelas jalan program tersebut.
Sip setelah semua beres kita mulai membuatnya:


Program Array Dinamis Dua Dinamis
1. Algoritma
a. Menginisialisasikan variabel baris dan kolom.
b. Memasukkan jumlah baris dan kolom.
c. Menampilkan hasil dari tiap-tiap masukkan, dimana hasilnya dalam bentuk matriks.

Oke setelah membuat sebuah algoritma yang bisa dimengerti oleh manusia maka baru lah kita membuat sebuah programnya.

2. Source code


untuk source codenya jangan lupa discrol ke bawah yah gan dan jika menggunakan compile cmd harus menginstal jdk dulu yah biar jalan programnya...^_^
Program Single linked list
1. Algoritma
a. Mengisi setiap data dari antrian.
b. Mengahapus data dengan uurutan pertama
c. Menghapus data urutan pertama dan menambahkan dua data baru.
d. Menghapus data dengan urutan pertama sekarang.
e. Menghapus data yang pertama dan menambahkan data pada awal dan akhir serta memberi nama sesuai kondisi pada data tersebut.
f. Menghapus data terakhir dan data terakhir kedua secara berurutan.
g. Menghapus data lainnya sehingga tidak ada yang mengantri.

2. Source code
kelas LinkedNode
 
kelas Node


NOTE :kedua kodingan pada kelas Linkednode dan kelas Node program linkedlist harus dipisah atau bisa digabung
jika menggunakan compile cmd pastikan menulis "javac LinkNode.java"..
oke sekian dulu pembelajaran hari ini sekian...  

baja juga : penjelasan tentang program array & single linked list part 3

Share This :
avatar

pejelasannya masih bingung

June 23, 2020 at 5:36 AM