-->
BLANTERWISDOM101

program menentukkan bilangan ganjil atau genap secara dinamis dengan bahasa c++

Wednesday, February 7, 2018

Program menampilkan dan menetukkan bilangan tersebut adalah bilangan ganjil atau genap
hasil run program

Penjelasan lengkap
Program di atas adalah program yang digunakan untuk menampilkan bilangan yang di masukkan oleh pengguna adalah bilangan ganjil atau bilangan genap. Pada program di atas juga, admin menggunakan aplikasi Borlan C++. Berikut admin akan menjelaskan syntaks atau kode programnya dengan lengkap.


Adalah sebuah header file atau kepala dari sebuah program. Header file ada banyak jenisnya dan salah satunya adalah kode ini. Kode ini digunakan untuk memanggil fungsi input (cin) dan output (cout). Input dan output ini akan dimasukkan di fungsi utama atai fungsi main dan header file berada diluar fungsi main atau fungsi utama.

#include <stdlib.h>
Adalah sebuah header file atau kepala dari sebuah program jenis lainnya. Header file jenis ini digunakan untuk memanggil fungsi (system (“pause”)) yang berguna untuk menahan atau memberhentikkan sebuah program agar program tidak langsung menghilang ketika program selesai atau pause.

int main(){
merupakan sebuah fungsi main atau fungsi utama pada sebuah program dan nantinya kode yang berada di dalamnya akan diproses pertama kali.

int bil;
merupakan penginisialisasian variabel bil dengan tipe data integer atau bilangan desimal.

cout<<"masukkan bilangan = ";
cin>>bil;
merupakan menampilkan atau output (cout) kalimat yang berada di dalam petik dua (masukkan bilangan =) dan memasukkan (cin) nilai pada variabel bil sesuai yang diinginkan oleh pengguna.

if(bil%2==0){
   cout<<"maka bilangan "<<bil<<" merupakan bilangan genap"<<endl;
}

Merupakan percabangan, jika nilai dari variabel bil sisa bagi atau modulu 2 sama dengan 0 maka program akan menampilkan atau mengeluarkan bilangan genap.

if(bil%2==1){
   cout<<"maka bilangan "<<bil<<" merupakan bilangan ganjil"<<endl;
}
Merupakan percabangan, jika nilai dari variabel bil sisa bagi atau modulu 2 sama dengan 1 maka program akan menampilkan atau mengeluarkan bilangan ganjil.

system ("pause");
}
Digunakan untuk memberhentikkan sebuah program sementara

OKE sekian dulu penjelasannya semoga bermanfaat dan bisa menjadi rujukan untuk membuat program yang lebih kompleks. Jika ingin bertanya atau request program bisa koment dibawah ini.

Share This :